Selasa, 17 Juli 2012

warisan paling berharga







ngomongin masalah warisan... aku mendapat warisan yang sangat berharga sekali dari almarhum ayahku dan tak dapat dinilai dengan uang.
meskipun warisannya bukan berupa harta yang berlimpah alias cukup sederhana, tapi bagiku sungguh sangat luar biasa karena warisan ini sangat berharga sekali bagiku.

yaaa.... ayahku hanya mewariskan sebuah kamera analog dan juga sedikit ilmu fotografi...
sedikit info... ayahku dahulunya merupakan seorang yang mendalami fotografi dan sempat menjadi juara harapan I tingkat Jawa Tengah pada tahun 1978.
teman-teman beliau pun diantaranya seorang wartawan foto senior di salah satu koran terbesar di Semarang.
aku mulai diajari memotret oleh ayahku pada saat aku duduk di kelas 5 SD tapi karena saat itu aku masih belum begitu tertarik fotografi, akupun hanya sekilas aja memotretnya.

dulu... setiap kali ada saudara yang menumpang di rumahku, selalu diajari memotret oleh ayahku, diantara pamanku (adik ayahku), kakak sepupuku dan kakak iparku, tetapi yang berkelanjutan hanyalah pamanku dan aku saja, bahkan pamanku dulu pernah mendapat penghargaan dari sebuah outlet toko film & cuci cetak foto di Semarang.

tidak banyak ilmu fotografi yang aku peroleh dari ayahku karena beliau hanya mengajarkan basic-nya aja, untuk masalah pencahayaan, ISO dan lain-lain aku harus belajar sendiri  :( tetapi hal itu cukup membuatku bersyukur karena aku ada sedikit pengetahuan di bidang fotografi.

dari pertama aku mengenal dan memegang kamera hingga saat ini, aku tidak pernah belajar khusus tentang fotografi...
aku hanya belajar secara otodidak dengan membaca beberapa artikel yang menarik bagiku ataupun bertanya kepada saudara, teman dan siapa saja yang 'sejalan' dengan aku.
nggak tau kenapa koq kayaknya aku nggak minat untuk ikut kursus fotografi, apa karena memang dasarnya aku pemalas & moody yaaa...
yang penting asal 'jalan' aja, hehehheeee......
istilah dan tehnik fotografi yang penting pun aku juga belum tahu sepenuhnya  :)









di saat jaman modern sekarang ini, di era kamera digital... aku mencoba lagi untuk mendalami fotografi yang dulu sempat aku abaikan.
dan karena belum punya biaya yang cukup(hehehee... :D) , aku memotret hanya menggunakan kamera pocket saja, berbalik sama sekali dengan dulu sewaktu aku masih belajar memotret untuk pertama kalinya..


dan kini... aku mencoba untuk belajar fotografi lagi meski tanpa 'Sang Guru' yang terkenal pelit memberi pujian ketika hasil jepretanku benar-benar sesuai dengan yang beliau maksud. 


berikut beberapa hasil jepretanku dengan kamera digital pocket yang aku punya....








































dalam hal fotografi... aku tidak ada spesifikasi dalam menentukan sesuatu yang akan aku jadikan obyek jepretanku.
apapun yang aku anggap menarik, pasti aku akan langsung mengeluarkan kamera dan beraksi, termasuk untuk food photography yang baru-baru ini aku tekuni karena kebetulan saat ini aku lagi seneng banget untuk 'belajar di dapur.'
seperti di bawah ini hasil food photography-ku atau selengkapnya bisa klik disini.

terus terang aja, aku paling susah untuk urusan food photography karena menyangkut food stylist juga, sedangkan aku paling langsung gabres tanpa ada embel-embel properti yang menunjang makanan yang akan aku jadikan obyek fotoku, jadi untuk food photography , aku merasa masih jauh dari sempurna :)























apapun yang menarik bagiku, yang aku jumpai di sekitarku tak pernah luput dari obyek fotografiku, seperti beberapa foto berikut ini...



































rasa terimakasih yang mendalam untuk almarhum ayah tercinta.....
semoga ilmu yang hanya 'secuil' ini dapat menjadikan amal jariahmu...
terimakasih juga kepada paman Joko Martoyo, untuk kursus singkat fotografi meskipun hanya melalui SMS...

semoga akan menjadikan tambahan pahala dan barokah untuk ke-2 guruku, amiiin.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar