Jumat, 27 Juli 2012

seratus tahun turut mencerdaskan bangsa






bulan Juni kemarin Sekolah Dasar (SD) tempat aku menuntut ilmu dulu genap berusia 100 tahun. meski tanggal berdirinya kurang diketahui, tetapi menurut data di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, SD tersebut berdiri pada bulan Juni tahun 1912.

kebetulan SD tersebut berada di samping rumahku, sehingga meskipun aku sudah lama lulus dari SD tersebut, aku masih tetap tahu perkembangan SD tersebut. 


sekilas tentang Sekolah Dasarku.....

awal mulanya, SD tersebut bernama SD Negeri Jangli I A, B tetapi seiring dengan banyaknya siswa didik yang bersekolah disitu, maka kemudian dibukalah 1 kelas lagi sehingga kemudian berganti nama menjadi SD Negeri Jangli I ABC yang lebih terkenal dengan sebutan SD Kecap (karena sesuai dengan merk kecap :D). 
Seiring dengan pemekaran wilayah di kota Semarang, maka nama SD Kecap yang cukup lama disandang itupun akhirnya berubah menjadi SD Negeri Karanganyar Gunung 05, 06, 07, namun hanya beberapa tahun saja kemudian SD itupun berganti nama kembali menjadi SD Negeri Karanganyar Gunung 02, 03 hingga sekarang (hampir 2 tahun).

sewaktu aku masih menjadi siswa didik di SD itu, alhamdulillah di kelas 5 aku sempat menjadi ranking 1-nya dan alhamdulillah pula aku pernah diikutsertakan di ajang Pemilihan Pelajar Teladan Tingkat SD se-kota Semarang meskipun tidak mendapat nomor :( , selain itu pula... aku dan beberapa siswa yang lain juga diikutsertakan di lomba 5 mata pelajaran (IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia) se-rayon dan juga semua tidak mendapatkan nomor :(.

Meskipun kami sama sekali tidak mendapatkan nomor, tetapi itu cukup membuat aku (dan juga teman-teman yang lain tentunya) cukup bangga karena sudah bisa mewakili sekolahan di lomba mata pelajaran.
selain lomba mata pelajaran , aku juga pernah diikutkan lomba olah raga volley dan kasti antar sekolah. Kalau yang ini alhamdulillah kami mendapatkan juara 2 :)
lumayan lah..... bisa mengobati rasa capeknya :p

saat aku masih menjadi siswa juga, tiap hari sabtu selalu ada acara bebas tetapi untuk beberapa siswa yang ditunjuk harus mengikuti latihan karawitan (gamelan) karena memang kebetulan di sekolahku mempunyai alat-alat gamelan komplit dan tak jarang pula setiap seminggu sekali guru-guru dari sekolah dasar tetangga berlatih menabuh gamelan di sekolahku.

tetapi seiring dengan majunya jaman, gamelan tersebut sudah tidak ada lagi di SD itu, nggak tahu dikemanakan gamelan tersebut.
sayang juga yaaa.... aset budaya Jawa yang seharusnya diajarkan kepada para generasi muda justru malah dihilangkan :(

balik ke perayaan Seabad...


acara pentas seni 100 tahun itu dihadiri oleh beberapa undangan, diantaranya para mantan guru yang masih aktif maupun yang sudah pensiun, beberapa tetangga sekitar dan juga beberapa mantan orang tua / wali murid.

sayangnya, ibuku yang mendapat undangan tidak dapat hadir karena ada keperluan yang tidak bisa ditinggal, padahal sebetulnya beliau pengen banget dateng karena kebetulan keponakanku yang no.2 (Didit) ikut meramaikan pentas seni tersebut di acara rebana.
kebetulan sudah beberapa tahun belakangan ini di SD tersebut ada kegiatan rebana dan 3 tahun lalu grup rebananya sempat menjadi no. 1...

berikut beberapa foto yang berhasil aku jepret di acara pentas seni tersebut...














ini para tamu undangan.....

















jajaran para guru......









































aneka hadiah untuk para juara dan juga doorprice bagi yang beruntung ....



















 
setiap tahun menjelang hari kemedekaan RI, SD Jangli ini selalu mengadakan acara jalan santai mengelilingi kampung yang dilanjutkan dengan kerja bakti.

 









sejak beberapa tahun yang lalu, SD Jangli ini mempunya kegiatan di luar jam pelajaran, yaitu rebana.
pada awalnya, grup rebana SD Jangli ini cukup bagus dan berhasil meraih juara di lomba antar DABIN, tapi setelah berganti pemain dan tidak adanya guru pembimbing juga pelatih, grup rebana ini mengalami kemunduran.

meskipun tidak sebagus di jamannya, grup rebana ini selalu menunjukkan aksinya setiap ada acara di sekolah seperti berikut ini...



 



















berhubung area sekolah ini cukup luas, maka setiap tahun pada hari lebaran Iedul Fitri, halaman sekolah ini selalu menjadi tempat parkir bagi warga sekitar yang mempunyai kerabat di luar kota.
lumayan yaaaaa... :) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar