Minggu, 09 April 2017

pantai logending (pantai ayah) ~ kebumen




awalnya kami akan berwisata ke pantai  Menganti tetapi karena jarak yang terlalu jauh maka akhirnya kami memutuskan untuk ke pantai Logending atau pantai Ayah saja yang jaraknya lebih dekat.
aku dulu pernah berwisata ke pantai Ayah saat perpisahan kelas 6 SD (lupa tahun berapa) dan ketika kemarin aku ke pantai Ayah sudah berubah sama sekali.
dulu aku bisa bermain air di pantai Ayah tetapi sekarang sudah tidak bisa dan di tengahnya diberi barisan bebatuan sebagai pemecah ombak sekaligus pembatas wilayah antara kawasan Kebumen dan Cilacap.



pantai Ayah disebut juga pantai Logending , nama Logending berasal dari kata Lo dan Gending. Lo adalah nama sebuah pohon yang kayunya dapat diracik menjadi alat musik Jawa yang dalam bahasa Jawa disebut Gending, keduanya digabungkan menjadi kata Logending.

obyek wisata pantai Ayah ini cukup terkenal karena  memadukan antara wisata hutan dengan wisata bahari, yaitu hutan Wisata Logending dan pantai Ayah  dimana pantai Logending atau pantai Ayah ini terletak di desa Ayah kecamatan Ayah kabupaten Kebumen yang berbatasan dengan kabupaten Cilacap dan berjarak sekitar 53 km dari kota Kebumen dan sekitar 8 km dari objek wisata Gua Jatijajar atau 10 menit dengan kendaraan pribadi. .
 
dari kondisinya yang berada di antara Laut Selatan dengan kawasan hutan jati milik Perum Perhutani KPH Kedu selatan ini , pantai Ayah merupakan kombinasi atau perpaduan antara Pantai dan Hutan,


di pantai Ayah ini, selain kita bisa naik perahu menyeberang ke daerah Cilacap, kita juga bisa berwisata di hutan bakau, tetapi itu tidak kami ambil karena kami lebih suka berperahu menyeberangi pantai Ayah saja dan secara otomatis kita bisa tiba di daerah Cilacap, sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui, hehehee.....

untuk menyeberang ke daerah Cilacap kita bisa menggunakan perahu yang tersedia di daerah pantai Ayah dengan tarif Rp. 50.000,-/ orang kalau nggak salah dan di sepanjang perjalanan kita bisa melihat pemandangan hutan bakau yang ternyata aku lupa motret karena lebih banyak selfie nya, heheheee....

di bawah ini foto-foto yang aku ambil di atas perahu saat menyeberang ke daerah Cilacap menuju pantai Jetis Legi dan perahu yang kami naiki adalah perahu Jaya Prima lupa nama nahkodanya....











saat kita hendak berwisata ke daerah Cilacap, nahkoda perahu sudah memberi pesan supaya kami tidak bermain air di kabupaten Cilacap kami karena kami adalah pengunjung asli (membeli tiket) di pantai Ayah Kebumen dan hanya sekedar 'bertamu' di kabupaten Cilacap sehingga kita harus mengikuti peraturan yang berlaku di masing-masing wilayah.

sedangkan  foto-foto di bawah ini adalah suasana di  pantai Ayah yang aku ambil dari atas bebatuan pemecah ombak sekaligus perbatasan antara kabupaten Kebumen dan kabupaten Cilacap.




















tulisan ini aku ikut sertakan di ajang lomba Blog Legenda pariwisata Jawa Tengah 2017 yang diselengarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah".



sumber :
wikipedia dan berbagai sumber


^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar