Senin, 26 Januari 2015

day #2 ~ tanjung benoa , puja mandala

hari ke-2 di Bali...
masih ditemani oleh beli Wayan sang guide, Jum'at pagi sekitar pk.08:00 WITA kami berangkat menuju beberapa obyek wisata, diantaranya Tanjung Benoa, Puja Mandala, pantai Pandawa, Uluwatu dan Garuda Wisnu Kencana, dilanjutkan dengan belanja lagi di toko Karang Kurnia.

Saat perjalanan dari penginapan menuju Tanjung Benoa, kami melewati jalan tol di Bali yang subhanalloh... cantik sekali dan sangat berbeda dengan jalan tol yang aku pernah lihat di Semarang maupun di Jakarta.
jalan tol di Bali bener-bener luar biasa dan mewah...
saat melewati jalan tol selama di dalam bus aku menyempatkan untuk mengambil gambar jalan tol maupun pelabuhan Tanjung Benoa, baik menggunakan kamera digital maupun kamera hp dan hasilnya seperti yang tampak pada foto-foto berikut...

Add caption

jalan tol (foto dari dalam bus)

sedangkan foto-foto di bawah ini adalah foto yang aku ambil dari dalam bus dengan menggunakan kamera hp

sedangkan foto-foto di bawah ini aku ambil ketika aku sudah sampai di pelabuhan Tanjung Benoa...

Beli , sang pengemudi boat

dan saat kami menyeberang menuju pulau Penyu, kami menjumpai sebuah kapal yang mengangkut penumpang menuju ke pulau Lombok.
foto-foto ini saya ambil menggunakan kamera hp

yang ini adalah foto-foto penyu ketika kami sudah sampai di pulau Penyu...

setelah cukup puas bermain penyu dan aneka satwa di Tanjung Benoa, lalu kami melanjutkan perjalanan menuju ke Puja Mandala sambil menanti sholat Jumat.

Puja Mandala yang terletak di  jalan Kuru Setra Bualu Benoa Nusa Dua , Bali ini merupakan sebuah lokasi dimana terdapat 5 buah tempat peribadatan agama yang ada di Indonesia, yaitu Masjid (Islam), Gereja Katholik (Katholik), Gereja Protestan (Kristen Protestan), Vihara (Budha) dan Pura (Hindu)

saat berada di Puja Mandala inilah, saya mulai tergerak untuk menuliskan perjalanan wisataku ini dalam sebuah blog karena secara tidak langsung saya secara pribadi merasa kagum dan bangga dengan pemerintah Bali yang dapat menyatukan tempat peribadatan aliran agama yang berkembang di Indonesia dalam satu tempat dan semuanya dapat terpelihara dengan baik dan bersih, bangunannya terawat rapi apalagi kamar mandinya juga bersih dan tidak bau seperti di tempat-tempat umum lain yang biasa aku jumpai...
benar-benar sebuah toleransi beragama yang patut dicontoh dan diacungi jempol....
andai hal semacam ini dapat dicontoh dan berkembang luas di seluruh penjuru nusantara, tentulah Indonesia menjadi aman dan damai tanpa ada bentrok dan perselisihan paham yaaa....
  * bravo pemerintah dan masyarakat Bali , sungguh saya sebagai orang Jawa bangga pada kalian semua ~ salam hormat dan kecup mesra untuk masyarakat Bali~  *

saat saya menjalankan sholat Dhuhur di masjid Ibnu Batutah ini, saya betul-betul terperangah dengan area masjidnya yang benar-benar bersih dan asri, jauh berbeda dengan masjid yang saya lihat di daerah saya.
meskipun masyarakat Bali bukanlah pemeluk agama Islam, namun masjid ini terpelihara dengan baik, terbukti dengan sarana dan prasaran yang tersedia yang membuat kita nyaman untuk beribadah di masjid tersebut.

dan menurut informasi dari salah seorang teman yang mengikuti sholat Jumat di masjid Ibu Batutah tersebut, untuk infaq yang diterima di minggu sebelumnya bagi saya hasilnya cukup besar dan membuat kagum karena tidak menyangka hasil infaq nya diumumkan setiap minggu dan secara transparan.
sekali lagi luar biasa untuk masyarakat Bali....

mengingat masyarakat Bali yang umumnya pendatang dan heterogen, maka jamaah di masjid Ibu Batutah yang saya lihat saat menunggu usai sholat ini cukup beragam, ada yang dari Jawa bahkan hingga Timur Tengah, hal ini dapat saya lihat dari wajah dan cara berpakaiannya, heheheee....
untuk yang dari luar Jawa, maaf saya tidak bisa mengetahui karena nggak mungkin saya mengamati satu persatu jamaah kan ??? heheheeee.....

vihara

gereja Protestan

gereja Katolik

masjid Ibnu Batutah

jamaah sholat Jumat

rak sepatu yang disediakan

betapa bangganya masyarakat Bali mempunyai pemerintah yang benar-benar peduli pada warganya dan kotanya., maka benar sekali jika beli Armi selalu menyampaikan bahwa beliau benar-benar bangga sebagai putra daerah Bali dan sekali lagi saya pun bangga dengan Bali seutuhnya.... ^^