Jumat, 08 Februari 2013

ikhlas... pesan terindah dari seorang penjual gandos


sudah cukup lama aku mempunyai langganan penjual gandos atau kue rangi karena sudah menjadi langganan, maka sudah seperti sodara sendiri aja... ngobrol ngalor ngidul...

oya, sewaktu keponakanku yang nomor 2 (Didiet) masih kecil, dia suka sekali dengan kue gandos ini... bahkan saat dia berumur 2 tahun dan harus dioperasi karena penyakit yang dideritanya sejak lahir (Hiershprug ~ maaf lupa bagaimana tulisannya :) ) dan opname cukup lama di rumah sakit, dia sempat dipanggil oleh suster-suster dengan panggilan 'Bagus Gandos' karena saat dia baru sadar dari operasinya, dia selalu minta dibelikan gandos, hahahaaaaa......

kue gandos buatan bapak langgananku ini berbeda sekali dengan buatan penjual yang lain. buatan langgananku ini bisa kering hingga gandosnya dingin, tidak lembek sama sekali...

balik lagi ke bapak penjual gandos...
beberapa waktu kemarin, aku sempat membeli gandos setelah cukup lama aku tidak membeli.
ketika aku membeli, bapak ini sempat tanya ke aku dan berikut kutipan percakapan kami berdua...

 PG : penjual gandos , D : dwek

PG   :   koq lama mbak nggak kelihatan
D     :   ah, bapak yang nggak pernah keliatan, nggak jualan po pak ?
PG   :   iya mbak, saya abis libur sebulan.
D     :   pulang kampung po pak ?
PG   :   enggak mbak, saya nukang alias jadi kuli bangunan
D     :   waaah... yo malah kerjaannya berat to pak, kan yen jualan cuma keliling aja
PG   :   sama aja mbak...
D     :   tapi kan yen jualan cuma keliling sampai siang, trus istirahat, sorenya dilanjut lagi sampai petang...
PG   :   sama beratnya mbak, yang penting ikhlas aja. kalau kita ikhlas sama-sama ringan.
D     :   betul pak....

ternyata, bapak yang cuma penjual gandos kelilingan aja bisa menanamkan sikap ikhlas di setiap langkahnya, kenapa kita yang hidup berkecukupan kadang-kadang masih suka ngedumel dengan apa yang sudah kita peroleh selama ini ya.... ?!?!?!

itulah manusia.... yang kadang-kadang kurang bersyukur dengan apa yang sudah Alloh swt berikan untuk kita.

semoga dari percakapan itu, saya bisa lebih ikhlas dalam menjalani hidup ini, amiiin....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar