Senin, 10 September 2012

ketika Ibunda menjadi yang tertua...



lebaran kali ini merupakan lebaran pertama kalinya Ibundaku menjadi orang tua yang benar-benar 'tua,' dalam arti kata yang paling tua di antara para kerabat dan keluarga besar.
jika sebelumnya masih ada bude ~ kakak Ibu dan juga Mamak ~ tetangga dekat yang sudah kami anggap sebagai saudara, tetapi dari pihak keluarga besar Ayahku Ibundaku lah yang tertua karena pakde dan bude sudah meninggal semua, termasuk ayahku.

kira-kira sebulan sebelum puasa, budeku meninggal dunia, praktis ibuku menjadi orang yang paling tua di keluarganya dan Mamak tetangga dekatku yang sudah kami anggap saudara meninggal pertengahan bulan Desember 2011 lalu, sehingga lebaran tahun ini kami sudah tidak berkunjung / bersilaturrahim ke rumah Mamak lagi dan praktis semua keluargaku bersilaturrahim ke rumahku.

untuk mengenang Mamak, yang juga ikut merawat aku dari masih kecil, maka pada saat lebaran aku membuat kue biji, kue yang selalu ada di rumah Mamak setiap lebaran.
aku bisa membuat kue biji pun juga karena diajari oleh Mamak dan seperti inilah tampilan kue biji buatanku.





selain itu pula, setiap lebaran kami selalu menyiapkan hidangan sederhana tetapi selalu disukai oleh pada sanak keluarga yang bersilaturrahim ke rumah , yaitu setup makaroni dan cocktail (es buah), semua buatan Ibunda.

untuk setup makaroni ini, semua tamu sangat menyukainya, sehingga setiap lebaran kami selalu membuat setup makaroni ini menghabiskan 2 kg makaroni dan keju 4 bungkus, dari semula saat pertama kali kami mencoba / iseng membuat makaroni  hanya menghabiskan 1/4 kg makaroni dan 1/2 bungkus keju  :)





sudah sekian tahun setup makaroni dan cocktail ini menjadi menu wajib yang ada di rumahku dan beberapa bulan belakangan ini aku juga membuat cookies dan juga kroket serta american risoles untuk para tamu.




seperti inilah hasil kerajinan tanganku di dapur :)












Tidak ada komentar:

Posting Komentar